Rabu, 07 Agustus 2013

Yang Muda, Yang Memimpin

Posted by Michael Pirez  |  Tagged as:



Yang Muda, Yang Memimpin merupakan salah satu kegiatan yang diikiuti oleh sekelompok delegasi mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Indonesia Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh kementerian pemuda dan olahraga bertempat di Hotel Grand Quality Yogyakarta. 


Kegiantan ini dihadiri oleh 30 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dari Universitas Sumatera Utara sampai Universitas Hassanudin Sulawesi Selatan. Kegiatan Pelatihan ini terbagi dalam beberapa ruang lingkup antara lain; Sosialisasi Pembentukan Satuan Komunitas dan Gugus Darma Pramuka, Pelatihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa, Pengembangan Karakter Wirausaha dan Keterampilan Membaca Peluang Bisnis.

 Sedangkan yang terakhir adalah Pelatihan Kepeloporan Bidang Inovasi Teknologi Tepat Guna." Keempat kegiatan ini saling terkait karena semuanya berhubungan dengan pemuda. 

Mereka yang mengikuti pelatihan ini diharapkan menjadi pemuda-pemuda tangguh yang nantinya akan menjadi cikal bakal pemimpin berkualitas dan berpotensi dimasa yang akan datang," 


Kegiatan Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 5-10 juni 2013. Dalam Pelatihan Kepemimpinan bagi Mahasiswa, para mahasiswa yang adalah pemuda sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan oleh pemateri. 

Hal ini terlihat dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh peserta pelatihan kepada pemateri bahkan dalam satu sesi, pertanyaan yang diajukan cukup banyak sehingga pemateri tidak memiliki cukup waktu untuk menjawab semuanya.

 Semua materi yang diberikan tentu sangat berbobot dan bernilai namun materi tersebut tidak akan sempurna apabila hanya sebatas teori, maka tindakan yang dilakukan adalah mengadakan kunjungan lapangan dengan maksud untuk mengetahui secara langsung tentang apa yang terjadi di sekitar hidup kita/ masyarakat . 

Tempat yang kami kunjungi adalah Rehabilitas Narkoba di Purwomartani, Sleman. Kesempatan ini kami manfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga memberi makna kepada kami sebagai pemuda Indonesia untuk mengetahui secara baik dan benar. Seorang pemimpin yang baik adalah bagaimana pemimpin tersebut mampu memimpin dirinya sendiri dan kemudian dapat memimpin orang lain.

 Pemimpin yang mampu memimpin diri sendiri yang dimaksudkan disini yakni bagaimana seorang pribadi (Pemuda) dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. 

Apabila seorang pemuda itu menetukan (memimpin) dirinya untuk mengarah pada hal-hal yang buruk maka dampaknya sangat buruk bagi hidupnya seperti kecanduan narkoba, mengkonsumsi minuman keras (Miras) sehingga akhirnya dapat merusak hidupnya bahkan menghancurkan nama baik bangsanya dan sebaliknya apabila seorang pemuda yang sudah mampu memimpin dirinya ke arah yang baik tentu saja akan memberi dampak yang positif bagi dirinya sendiri, masyarakat dan bangsa.

Lantas dari persoalan diatas muncul pertanyaan; mengapa Yang Muda, Yang Memimpin? Pemuda diyakini sebagai generasi yang mampu memberi perubahan terhadap tatanan yang merusak nilai-nilai sosial. Peran penting dari seorang pemuda adalah pada kemampuannya melakukan perubahan. Perubahan menjadi indikator suatu keberhasilan terhadap sebuah gerakan pemuda. 

Perubahan menjadi sebuah kata yang memiliki daya magis yang sangat kuat sehingga membuat gentar orang yang mendengarnya, terutama mereka yang telah merasakan kenikmatan dalam iklim status quo. Kekuatannya begitu besar hingga dapat menggerakkan kinerja seseorang menjadi lebih produktif. Keinginan akan suatu perubahan melahir sosok pribadi yang berjiwa optimis. 



Optimis bahwa hari depan pasti lebih baik. Menurut Princeton, ia mendefinisikan kata pemuda (youth) dalam kamus Webstersnya sebagai “the time of life between childhood and maturity; early maturity; the state of being young or immature or inexperienced; the freshness and vitality characteristic of a young person”. 

Sedangkan dalam kerangka usia, WHO menggolongkan usia 10 – 24 tahun sebagai young people, dan remaja atau adolescence dalam golongan usia 10 -19 tahun. Maka dari segi usia yang terbilang muda belia, Seorang pemuda tentunya memiliki keberanian untuk merombak dan bertindak secara revolusioner terhadap tatanan sistem yang rusak, memiliki standar moralitas (iman), berwawasan, bersatu, optimis dan teguh dalam pendirian serta konsisten dalam dengan perkataan.

 Jadi pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas, dan sebagainya. Kelemahan mecolok dari seorang pemuda adalah kontrol diri dalam artian mudah emosional, sedangkan kelebihan pemuda yang paling menonjol adalah mau menghadapi perubahan, baik berupa perubahan sosial maupun kultural dengan menjadi pelopor perubahan itu sendiri.

Penjelasan tersebut dapat memberi suatu kejelasan bahwa yang Muda, yang harus memimpin kalau bukan yang muda, siapa lagi? Selanjutnya diharapkan kepada para peserta pelatihan kepemimpinan kali ini kiranya dapat memberi perubahan yang baik bagi kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia bukan menghancurkannya. Pemuda adalah indicator bangsa dan negara. 

Saatnya Kita Menentukan,,,teman-teman peserta pelatihan apakah kita harus menjadi seorang pemimpin yang bermimpi ataukah menjadi seorang pemimpi yang memimpin. Jadilah orang muda yang mampu memimpin.
Be The Best, Do The Best And Get the Best, Wish You All Luck And See You On the Top For All You Indonesian Leaders....***)

0 komentar:

Author

Write admin description here..

Subscribe to our Mailing List

We'll never share your Email address.
Copyright © 2013 TOTURIAL. Powered by Blogger.
Blogger Template by BloggerTheme9
+1 (877) 888-3000 Hello@yoursite.com